Rahasia Sukses Bisnis Kerajinan Kain Flanel Online

5:19 AM

Anda memiliki hobi membuat kerajinan dari kain flanel? Jangan sia-siakan keterampilan Anda tersebut, sebab jika Anda jeli dan kreatif, kain flanel yang sering disepelakan tersebut bisa mendatangkan bajir rezeki yang tidak terbayangkan. Apalagi ditunjang dengan pemasaran online, Anda tidak perlu repot-repot menyewa tempat usaha dan mengularkan banyak biaya. Hanya tinggal duduk di depan komputer, berselancar di dunia maya, dan strategi jitu, maka kerajinan Anda laris manis. Namun, hal itu ada rahasianya? Bagaimana Rahasia Sukses Bisnis Kerajinan Kain Flanel Online?

Peluang Bisnis Kerajinan Kain Flanel Online
Produk-produk kerajinan dari kain flannel selalu laris di pasaran. Dari mulai gantungan kunci, boneka, tempat tisu, sarung ponsel, dompet, pigura, tempat pensil sampai pada bros penghias jilbab. Oleh karena itu, kreasi kerajinan flanel merupakan salah satu peluang usaha yang prospek bisnisnya sangat menjanjikan. Minat pasarnya yang cukup besar dan melimpahnya persediaan bahan baku di pasaran, menjadikan bisnis kreasi kerajinan flanel ini mulai dilirik para pemula untuk mendatangkan untung besar setiap bulannya. Apalagi jika Anda menggunakan sistem online, maka konsumen yang akan melihat barang dagangan Anda semakin besar sehingga peluang terjual juga semakin besar.

Cara Mudah Memulai Bisnis Kerajinan Kain Flanel Online
Berikut ini cara mudah memulai bisnis kerajinan kain flannel online:
1.      Tentukan terlebih dahulu, apakah Anda akan reseller atau membuka usaha sendiri di rumah. Jika Anda ingin usaha sendiri, sebaiknya dipersiapkan mulai modal awal, pembelian bahan, pembuatan model, hingga penentuan harga.
2.      Buat model produk sebanyak mungkin tetapi dengan jumlah yang sedikit saja, di mana saja dan kapan saja. Jumlah yang sedikit dilakukan untuk mengantisipasi kerugian akibat tidak laku.
3.      Buat blog (web). Anda bisa membuatnya di layanan penyedia blog gratis atau juga membeli alamat web berbayar. Hal ini dilakukan sebagai alat/tempat Anda menjual barang dagangan Anda secara online. Pastikan di blog/web Anda ini tercantum alamat, nomor telepon, email, facebook, twitter, atau akun lain yang membuat Anda mudah dihubungi.
4.      Posting foto-foto dari produk yang sudah Anda buat. Beri keterangan sedetail mungkin. Dari mulai ukuran, harga, warna, dan lain-lainnya. Pastikan Anda selalu meng-update blog dan produk-produk barang dagangan Anda.
5.      Berikan penawaran menerima jasa pembuatan produk yang customize, yaitu sesuai dengan keinginan konsumen. Baik dari segi warna, bentuk, ukuran, dan juga model.
6.      Upgrade kemampuan Anda dengan mengikuti kursus atau workshop kerajinan yang Anda geluti ini. Agar mudah mendapatkan info mengenai kursus dan workshop ini, bergabunglah dengan komunitas penggemar/pembuat kerajinan ini yang ada di facebook, milist, atau juga klub offline.

Kunci Sukses Bisnis Kerajinan Kain Flanel Online
Bisnis kerajinan dari kain flannel secara online sudah banyak, Anda harus bisa bersaing dengan mereka. Oleh sebab itu, simaklah kunci sukses dari bisnis ini (Septi Widyastuti (2011):
1.      Strategi pemasaran dengan optimasi blog. Sebagian besar pengguna internet mencari informasi melalui search engine seperti Google, Yahoo, MSN dll sesuai dengan keyword atau kata kunci yang diinginkan atau dikenal dengan istilah SEO (Search Engine optimization). Umumnya pengguna hanya akan mengklik link yang teratas dari hasil pencariannya atau setidaknya link yang ada pada halaman pertama saja. Supaya blog kerajinan flannel anda bisa tampil di halaman depan, optimasi terhadap blog perlu dilakukan agar strategi pemasaran berhasil.
2.      Memanfaatkan jaringan social. Jaringan sosial atau salah satu yang sudah dikenal seperti Facebook, Friendster, Twitter dan media sejenisnya dapat dimanfaatkan dalam strategi pemasaran. Saat ini Facebook dan Twitter sedang marak dimanfaatkan untuk promosi.
3.      Forum atau komunitas. Forum atau tempat diskusi lainnya menjadi media yang efektif sebagai alat promosi bisnis secara online .Dengan memanfaatkan tool signature yang diberikan oleh pemilik forum dengan link menuju blog kerajinan kain flannel ANda.
4.      Promosi bisnis melalui iklan gratis. Banyak sekali iklan gratis di internet yang artinya anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mengiklankan usaha kerajinan kain flanel, hanya perlu registrasi dan menuliskan iklan.
5.      Memasang banner di situs lain. Pemasangan banner di situs yang memiliki banyak pengunjung tentu bisa menarik banyak pengguna internet untuk berkunjung ke situs kerajinan flannel Anda. Pertukaran banner dengan situs sejenis juga dapat membantu optimasi blog.
6.      Pemasangan backlink di web lain. Pemasangan backlink kerajinan flannel Anda dalam bentuk teks ataupun gambar. Dalam bentuk gambar dapat berupa banner.
7.      Meminta review produk. Review atau meminta opini merupakan salah satu strategi pemasaran secara online yang sedang ramai. Mintalah review dari pemilik blog lain terhadap web Kerajinan flannel Anda utuk di tampilkan di blog mereka.

Simulasi Bisnis/ Analisis Usaha Kerajinan Kain Flanel
Modal Awal
·         Komputer/Laptop + Modem                                 Rp. 3.000.000
·         Meja dan kursi komputer                                      Rp.    500.000
·         Domain dan hosting website                                Rp.    200.000
·         Kamera                                                                  Rp.    300.000 +
·         Jumlah                                                                   Rp.4.000.000
Peralatan mengalami penyusutan selama 4 tahun dan memiliki nilai residu sebesar Rp1.000,00 dengan menggunakan metode penyusutan garis lurus. Biaya penyusutan per tahun (komputer, modem, meja dan kursi) = (Rp. 4.000.000,00 - Rp1.000,00) / 4 = Rp 999.750,00 per tahun atau sama dengan Rp 83.312,00 per bulan/ dibulatkan menjadi 84.000.
Cat: modal awal di atas bisa berkurang jika Anda sudah memiliki laptop dan perangkat internet (modem). Anda hanya mengeluarkan biaya untuk domain dan hosting saja, karena kamera bisa memakain HP.

Biaya Operasional
·         Pembelian bahan dan alat:
·         Kain flanel                                          Rp. 1.000.000
·         Kain keras                                           Rp.    250.000
·         Gunting kain                                       Rp.    100.000
·         Lem                                                     Rp.    100.000
·         Benang woll                                        Rp.    100.000
·         Resleting                                             Rp.    100.000
·         Ring gantungan                                   Rp.    100.000 +
·         Total                                                                Rp. 1.750.000
·         Karyawan 3 orang x Rp. 1000.000                       Rp. 3.000.000
·         Jasa bordir                                                             Rp.   .500.000
·         Biaya internet, pulsa, listrik                                  Rp.    500.000
·         Biaya penyusutan                                                  Rp.      84.000 +
·         Total                                                                      Rp. 4.084.000

Penjualan dan Pendapatan
·         Penjualan:
§ Penjualan dompet 500 buah x Rp.6.000                      Rp. 3.000.000
§ Penjualan kantung HP 500 buah x Rp. 5000                               Rp. 2.500.000
§ Penjualan magnet binatang 500 buah x Rp.3000         Rp 1.500.000
§ Penjualan pembatas buku 1000 buah x Rp.2000          Rp. 2.000.000
§ Penjualan taktakan gelas 300 buah x Rp. 2.500           Rp.    750.000
§ Aneka Gantungan 800 buah x Rp. 3.000                     Rp. 2.400.000 +
§ Total pendapatan                                                          Rp. 12.150.000
·         Pendapatan
§ Rp. 12.150.000 – 4.084.000                                         = Rp. 8.066.000
[ratu bisnis]
Previous
Next Post »

12 comments

  1. Artikel yang bagus, menarik dan bermanfaat...
    untuk Training ISO bisa menghubungi:
    Training ISO


    (FR)

    ReplyDelete
  2. ka, minta ijin copy ya buat tugas sekolah, makasi kaa

    ReplyDelete
  3. QuickBooks has made payroll management quite definitely easier for accounting professionals. There are plenty people that are giving positive QuickBooks Payroll Support Phone Number either QB desktop and online options.

    ReplyDelete
  4. Since quantity of issues are enormous on occasion, they might seem very basic to you personally so when an effect might make you're taking QuickBooks Support Number and you may not ask for every help. Let’s update you aided by the indisputable fact that this matter is immensely faced by our customers. Do not worry most likely and e mail us at our QuickBooks Premier Support Number. Our customer service executives are particularly customer-friendly helping to make certain that our customers are pleased about our services.

    ReplyDelete
  5. The team working behind the QuickBooks Technical Support Phone Number are known to be the ideal engineers when you look at the entire industry and with their timely advice, you might be about to find a dependable solution this is certainly worthy enough for the money you spend on it. The engineers and technicians will work hard to provide a friendly QuickBooks support that you require to possess for reaching them at any given situation.

    ReplyDelete
  6. Our backing team is dedicated enough to bestow you with end-to-end QuickBooks solutions once you want to procure them for each and every QuickBooks 247 Support Phone Number query.

    ReplyDelete
  7. efficiently track your payments, sales, and inventory, simply store your web visitors and vendors all information and a whole lot more things. QuickBooks Tech Support Phone Number is always an excellent and well-known name due to the 100% accuracy, certainty, and reliability.

    ReplyDelete
  8. Our clients come back to us many times. We keep every one of the QuickBooks Tech Support Phone Number data safe plus in secrecy. We are going to never share it with other people. Thus, you are able to count on us when it comes to virtually every data.

    ReplyDelete
  9. You need to decide the QuickBooks Customer Service Number the terribly second you will get a slip-up on your screen. it is potential that you just may lose information, or get corruption in your record or company file if the error prolongs.

    ReplyDelete
  10. QuickBooks Support Phone Number can be so robust financial accounting software that it scans and repairs company file data periodically however still there are situations where in fact the data damage level goes high and required expert interventions.

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!